Skip to main content

Pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 telah disampaikan pada hari ini, 19 Agustus 2024, berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tertanggal 13 Agustus 2024 yang memuat jadwal seleksi CPNS tahun 2024 di tingkat pusat dan daerah. Proses pendaftaran akan berlangsung melalui portal SSCASN BKN, dimulai pada tanggal 20 Agustus 2024 pukul 17.08.45 WIB hingga 6 September 2024. Informasi mengenai ketersediaan formasi, detail jabatan yang dibuka, termasuk uraian tugas dan perkiraan penghasilan akan tersedia di portal SSCASN di bagian Menu Pencarian Informasi.

Pengumuman kuota formasi untuk setiap instansi pemerintah (baik Kementerian, Lembaga, maupun Daerah) akan dilakukan secara bertahap oleh masing-masing instansi dan dapat dilihat secara berkala di menu pencarian informasi. Dengan demikian, selain memantau kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 pada instansi terkait, pelamar juga dapat mencari informasi detail mengenai formasi jabatan yang diminati melalui portal SSCASN BKN.

Pemerintah, melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), telah menyiapkan sebanyak 250.407 formasi CPNS Tahun 2024 untuk 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Purtanto, menjelaskan bahwa proses seleksi CPNS tahun ini akan melibatkan berbagai instansi yang tergabung dalam Panselnas, termasuk dukungan infrastruktur jaringan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, pemantauan keamanan teknologi informasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pemantauan infrastruktur teknologi oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan materai elektronik bersama Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Karena salah satu persyaratan pendaftaran CPNS adalah status sebagai Warga Negara Indonesia, BKN akan melakukan integrasi data pelamar dengan data kependudukan yang dikelola oleh Dukcapil Kemendagri. Tujuan integrasi ini adalah untuk memastikan bahwa data pelamar yang diinput melalui portal SSCASN dapat diverifikasi secara otomatis sesuai dengan data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Sebelum mendaftar, calon pelamar CPNS 2024 diimbau untuk membaca secara cermat persyaratan dan kualifikasi jabatan yang diumumkan oleh instansi terkait melalui kanal informasi mereka. Selain itu, pelamar juga disarankan untuk membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum membuat akun dan memulai proses pendaftaran.

Terakhir, setelah pendaftaran dan pengunggahan dokumen selesai sesuai persyaratan administrasi instansi, pelamar disarankan untuk segera menyelesaikan pendaftaran tanpa menunggu hingga batas akhir guna menghindari potensi kendala menjelang penutupan pendaftaran.

Tautan unduhan untuk format PDF siaran pers ini tersedia di sini.

Leave a Reply